Tuesday, August 04, 2009

Cerita Quebec

Jalan-jalan ke Quebec dalam rangka long weekend Civic Holiday, Daddy ngambil libur hari Sabtu berhubung kita rencananya berangkat Subuh untuk menghindari macet, semua pada excited soalnya jarang banget Daddy bisa dapat libur seperti ini ^_^

Day 1

Berangkat dari rumah jam 5 subuh, di jalan ternyata sudah mulai rame tapi gak sampai macet, tujuannya mampir di Kingston buat sarapan, sayangnya gak bisa lama-lama hangout di kota Kingston yang cantik, tapi sudah diniatin pengen balik kesana lagi, hanya 2 jam nge-drive dari rumah, so bisa any sunday.

Setelah sarapan, perjalanan dilanjutkan lagi, sesuai rencana kita pengen mampir di Montreal buat makan siang, tapi restaurant-nya belum tau dimana, pokoknya pengennya yang dekat dengan highway biar setelah makan siang gak perlu muter-muter lagi tapi langsung ngelanjutin perjalanan ke Quebec.

Sampai di Montreal sekitar jam 11 siang, thanks to Google yang sudah bantuin nyari-nyari resto sekitar highway, tadinya pilihan saya ke restaurant Korea tapi ternyata mereka masih tutup dan akhirnya pilihan kita jatuh ke Indian restaurant La Maison India, yang tempatnya walking distance dari korean resto yang mau kita datangin sebelumnya. Makanannya enak banget, Chicken Briyaninya spektakuler, bumbunya kerasa banget.. pokoknya high recommended untuk yang suka makanan India dan kebetulan lagi jalan-jalan ke Montreal.

Setelah makan siang, perjalanan dilanjutkan lagi.. masih kurang lebih 2.5 jam dari Montreal, rasanya lama banget.. mungkin karena kita sudah pengen cepat-cepat sampai, anak-anak sudah mulai bosan dan nanya-nanya terus kapan nyampenya.

Sekitar jam 4 sore kita akhirnya tiba di Quebec, langsung check-in di hotel dan ternyata hotelnya dekat banget dari highway. Setelah istirahat, mandi dan dandan (kudu dandan kalo hangout di Quebec hehehe..) tujuan selanjutnya jalan-jalan ke Old Quebec sambil nyari dinner dan lucky us.. ternyata sekitar situ lagi ada festival, rame banget, seneng deh.. gak nyangka aja bisa dapat moment kaya' gini soalnya rencananya hanya jalan-jalan sebentar sekitar situ dan makan malam. Kita yang memang gak biasa dengan 'night life' bisa aja enjoy keluyuran dan gak capek-capek hehehe.. anyway, kita akhirnya bisa dapat table untuk dinner setelah antri yang lumayan lama.. agak susah nyari dinner di tempat seperti ini, dimana-mana antri but dont worry, it's worth it.. makanannya enak banget, rugi kalo gak pakai acara wisata kuliner di Quebec, siap-siap aja berat badan nambah 1-2 kilo ^_^

Day 2

Setelah sarapan di hotel, kita langsung cabut ke Old Quebec (lagi) soalnya semalam gak bisa ngunjungin banyak tempat. Tempat pertama yang kita datangin Terrasse-DufferinLink yang lokasinya di depan Fairmoint Le Chateau Frontenac (Hotel yang someday kalo honeymoon lagi pengen nginep disitu.. aminnn) dari situ kita bisa ngeliat Saint-Laurent river yang bagus banget, gak bakalan bosan walaupun duduk yang lama disitu karena harus nungguin Daddy yang take picture here and there. Next, ngunjungin La Citadelle, tadinya pengen lihat changing guard yang diadakan tiap jam 1o pagi tapi ternyata gak keburu, well.. sehari sebelumnya kita sudah ngeliat changing guard yang sore sih.. jadi gak kecewa-kecewa amat, akhirnya kita ke Hôtel du Parlement ikutan tour yang diadakan di dalam gedung, interiornya cantik dan tentu saja banyak cerita di balik semua interior dan simbol-simbol yang ada di dalam gedung itu.

Setelah capek ngubek-ngubek Old Quebec dan bingung mau kemana lagi, akhirnya diputusin ke Parc de la Chute-Montmorency sekalian makan siang disitu. Sebenarnya kita gak ada rencana mau kesitu, karena malamnya kita sudah bikin reservasi untuk ikutan ghost tour, pengennya balik lagi ke hotel takutnya anak-anak capek, tapi ternyata mereka senang aja. So far, air terjunnya biasa aja (menurut saya lho.. ) lebih cantik Niagara Falls, plus beberapa review dari internet yang saya baca bilang begitu juga, makanya dalam perjalanan kita ke Quebec gak saya masukin dalam rencana, tapi memang rejeki bisa kesitu.. so far we enjoy, specially the lunch.. jarang-jarang bisa makan di bawah patio dengan musik dan pemandangan air terjun, well.. that's one of the beauty of holiday, pamper yourself ^_^

Balik ke hotel dengan perut kenyang, tidur siang sebentar kemudian siap-siap untuk ikutan Ghost tour, tempat ngumpulnya di Quartier Petit Champlain tempat yang high recommended untuk dikunjungi kalo ke Quebec, cantik dan romantis.. tapi siap-siap aja ngos2an karena jalannya agak mendaki tapi kalo jalannya sambil gandengan tangan sambil mengingat masa-masa indah dulu, gak bakalan capek deh.. kita aja sampai lupa diri kalo ternyata anak-anak ada di belakang kita hahahaha.. well, high recommended bawa babysitter dari rumah :P

Well, Ghost tournya cukup menarik.. kita dibawa ke tempat-tempat yang katanya haunted, ada cerita tentang the red eyes, titanic of quebec, etc. tapi yang paling serem waktu kita diajak masuk ke gereja Cathedrale Anglicane Holy Trinity dan diceritain tentang bagaimana gereja itu haunted, well.. seremnya karena lampu yang menyala hanya lentera yang dibawa sama tour guidenya aja, bukan karena serem bakalan ada penampakan, masih kurang lah dibandingkan dengan pocong kuntilanak, genderuwo dan teman-temannya di Indonesia hehehe.. btw, saya bilang ke tour guide-nya soal hantu-hantu di Indonesia yang lebih agresif, pas tau kalo saya dari Indonesia.. dia seneng banget, ternyata dia dari Holland dan suka kangen dengan Nasi Goreng dan Kecap Manis yang gak ada di Quebec. Oh ya, di Indonesia mestinya dibikin ghost tour juga kali yaa.. atau jangan-jangan sudah ada.. hmm, di bisnisin boleh juga tuh !

Day 3

Ke Canyon Ste-Anne, setelah sarapan dan check out dari hotel kita langsung cabut kesana, kurang lebih 15 menit dari hotel dan rencananya balik dari sana langsung pulang.

Tempatnya bagus, lebih bagus dari Parc de la Chute-Montmorency, sama-sama air terjun sih.. cuman yang ini air terjunnya lebih banyak, jembatannya lebih banyak, tangganya lebih banyak juga.. oh ya, kalau mau ikutan manjat tebing mereka nyiapin juga, tapi kalo yang ini tentu saja gak menarik buat saya.. hiiii.. jalan di jembatan gantungnya yang goyang-goyang mulu bikin saya ketar-ketir, gimana mau manjat tebing coba, seremmmm.. yang pasti jauh lebih serem dari Ghost Tour hehehe..

Well, finally time to go home, dari Canyon Ste-Anne kita langsung nyari highway.. back to Toronto, back to reality plus sudah kangen dengan our house.. well, our own home always sweet home for us.. au revoir Quebec !

Mommy FaYeshO said...

wah abis jalan2 jauh niy..*pengen mode on*asyiknya..giliranku ke Quebec kapan yah..kali' thn depan pas baby ayesha dah gedean dikiit hehehe or malah thn depan bisa mudik?
puas yah liz..fresh abis long weekend..;)

Anonymous said...

Ide untuk bikin ghost tour di indo boleh juga tuh. Tapi siapa yang mau
jd guide dan di guide-in, krn semuanya pada sama-sama takuttt .. hehe.

Oh iya pose Sofia di foto yang bertiga itu gak kuat deh..hehe. Kayanya ada bakat jadi model nih.

Tira

DuaEs Mommy said...

To Ifah -- Abis long weekend capek Fah, tapi senang sih hehehe..

To Tira -- Ra, yang pasti bukan saya guidenya, soalnya ghostnya takut ma aku deh kaya'nya hahaha..

Well, iya tuh Sofia suka langsung bergaya kalo tau mau diphoto, entah bakat dari mana ^_^